Pages

Bagaimana Menentukan Jenis Kelamin Kura-kura Brazil


[Image: membedakan-jenis-kelamin-res.jpg]
Sama seperti kura-kura Brazil peliharaan yang tumbuh lebih depat daripada kura-kura Brazil liar, mereka juga lebih cepat matang secara seksual. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, si betina secara fisik lebih besar dan memiliki ekor yang lebih kecil. Ekor pejantan lebih panjang, lebih tebal, dan memiliki kuku cakar yang lebih panjang dengan posisi kloaka lebih dekat ke ujung ekor.
[Image: img_usr_tinyslider_01.jpg]
Secara umum, kematangan seksual pada kura-kura Brazil tampak berdasarkan ukurannya. Anda harus menunggu untuk melihat karakteristik ini sebelum Anda dapat menentukan jenis kelamin mereka. Tidak mudah membedakan jenis kelamin kura-kura Brazil yang berukuran kurang dari 4 inci. Perkiraan untuk kura-kura Brazil peliharaan adalah: 2-4 tahun untuk jantan dengan SCL sekitar 10 cm dan 3-5 tahun untuk betina dengan SCL sekitar 12,7 cm. Pada kasus tertentu seperti pemberian makan yang berlebihan (overfeeding), kematangan seksual akan lebih cepat dicapai.

Kura-kura Brazil jantan yang lebih dewasa mungkin memiliki kelebihan lain yang mungkin terlihat. Jantan akan memiliki daerah moncong/hidung yang lebih panjang. Bagian tepi bawah plastron jantan juga mungkin sebagian akan melengkung ke dalam atau tampak cekung. Hal ini memungkinkan pejantan memiliki kestabilan yang lebih baik selama proses perkawinan. Namun seperti yang telah disinggung sebelumnya, kedua kelebihan ini terlalu kecil prosentasenya untuk menjadi faktor yang dapat diandalkan dalam menentukan jenis kelamin kura-kura Brazil yang masih muda.

[updated] Ada juga cara membedakan jenis kelamin berdasarkan pola/corak warna pada plastron. Meskipun masih diragukan ketepatannya, ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengetahui jenis kelamin RES anda.

[Image: res-kura-brazil-jantan.jpg]
Gambar di atas adalah contoh plastron kura-kura Brazil Jantan. Perhatikan area dalam pola yang tidak tebal.

[Image: res-kura-brazil-betina.jpg]
Gambar di atas adalah contoh plastron kura-kura Brazil Betina. Perhatikan pola plastronnya yang hitam dan tebal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

Most Reading