Pages

Kura-Kura Aldabra

Kura-Kura Aldabra
Dipsochelys Dussumieri














Klasifikasi : Bangsa Testudines, Suku Testudinidae

Deskripsi : Kura-kura darat terbesar ini mempunyai panjang karapas mencapai 90-140 cm, dengan berat tubuh 160-250 kg. Memiliki karapas yang berbentuk kubah dan besar.Kura-kura jantan memiliki tubuh dan karapas yang lebih besar dari kura-kura betina.Warna karapas abu-abu atau hitam.Tubuhnya memiliki warna yang sesuai dengan warna karapasnya, dan memiliki leher yang panjang, berfungsi untuk membantu saat memakan daun-daun dari pohon yang lebih tinggi dari tubuhnya.Termasuk jenis hewan eksotermal yaitu hewan yang menyerap panas tubuh dari luar. 

Perilaku : D. dussumieri aktif pada pagi dan sore hari kurang dari 4 jam, waktu selebihnya digunakan untuk beristirahat. Kura-kura aldabra beristirahat dengan cara plastron menempel di tanah, leher dan tungkainya sedikit ditarik. Kura-kura jantan berjalan dengan plastron jauh dari tanah, sedangkan betina plastronnya lebih rendah.Kura-kura sering bermigrasi untuk mencari tempat yang sesuai dengan musim. Biasanya saat musim semi kura-kura berada di padang rumput, sedangkan saat musim kering akan mencari hutan dengan kanopi tertutup.

Reproduksi : Kematangan seksual terjadi setelah kura-kura berumur 25 tahun. Musim kawin dimulai dari bulan Februari-Mei.Pada umumnya kura-kura ini menghasilkan telur 4-14 butir (di penangkaran dapat menghasilkan 9-25 butir telur).Telur-telur di pendam dalam lubang tanah yang dangkal, kering, dan datar.Masa inkubasi telur kura-kura aldabra sekitar 140-250 hari, tetapi pada umumnya 243 hari.Terkadang kura-kura betina dalam satu tahun dapat bertelur 2 kali.

Pakan : Hewan ini merupakan pemakan tumbuh-tumbuhan, bagian tumbuhan yang dimakan meliputi batang, tangkai, daun, pucuk daun, buah, bunga dan biji-bijian. Pada saat musim semi, kura-kura aldabra memakan berbagai jenis rumput-rumputan dan bunga-bunga. Saat musim kering, kura-kura aldabra dapat memakan apa saja, termasuk serangga maupun arthropoda.


Habitat : Termasuk jenis kura-kura darat terbesar. Kura-kura ini hidup di berbagai macam habitat, antara lain hutan dataran rendah, rawa bakau, pantai dan padang rumput. Kura-kura aldabra lebih banyak ditemukan di daerah padang rumput, karena terdapat sumber makanan yang banyak. Hewan ini tersebar di Pulau Atol Aldabra, dan Pulau Changuu dekat Zanzibar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

Most Reading