Pages

Kura Kura Matahari

Kura Kura Matahari

Heosemys spinosa

Klasifikasi : Ordo Testudines, Family Geoemydidae
Deskripsi : Kura matahari salah satu exotic pet indonesia asal kalimantan yg terancam punah di alam (Heosemys spinosa) mendiami dataran rendah dan daerahhutan hujan, biasanya di sekitar sungai kecil, terutama di daerah bukit hingga 900 m di atas permukaan laut. Panjang karapas dapat mencapai : 175-220 mm dengan berat1,5-2 kg
Perilaku : Spesies semi-akuatik ini ditemukan di dangkal, sungai gunung berhutan, tetapi menghabiskan jauh waktu mencari makan tanah atau menggali di antara sampah daun dari lantai hutan. Setidaknya di penangkaran, remaja tampak lebih terestrial daripada orang dewasa.
Reproduksi : Perilaku kawin kura matahari dipicu oleh hujan; di penangkaran, sperma kura jantan yang bercampur dengan air mencoba untuk membuahi betinanya.
Pakan : Kura matahari termasuk hewan herbivora, lebih memilih buah-buahan dan sayuran, tetapi akan menerima beberapa makanan hewani di penangkaran

Habitat : Kura Matahari tersebar di seluruh Asia Tenggara, dari Thailand dan mungkin Myanmar selatan selatan melalui Malaysia ke Sumatera, Kalimantan dan Natuna, berbagai pulau kecil di Indonesia dan Filipina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

Most Reading