Pages

Cara Mengembangbiakkan Kura Kura




Pada umumnya Kura kura dapat dikawinkan mulai umur 3 tahun ke atas. Lokasi untuk perkawinan dapat berupa akuarium / kolam yang cukup besar dengan ketinggian air minimal 10 cm.
Masukkan sepasang Kura kura ke dalam tempat yang sudah disediakan, jantan akan menarik perhatian betina perhatikan selama 1 jam, jika betina merasa cocok, akan menerima jantan.
Jika tidak, akan terjadi pertarungan dan segera pisahkan untuk kemudian dicoba 2-3 hari kemudian. Setelah beberapa hari dan sudah dipastikan proses perkawinan terjadi, pisahkan jantan dan betina sehingga tidak akan terganggu.
Proses kehamilan hingga bertelur berlangsung sekitar 2 bulan, tetapi jika betina merasa tidak menemukan tempat yang cocok untuk bertelur, akan tetap menyimpannya di dalam. Habitat yang ideal adalah kolam dengan akses yang mudah ke daratan (tanah / pasir) sebagai media bertelur.
Usahakan menjaga kebersihan air dan betina mendapat sinar matahari secara langsung dengan rutin untuk menghangatkan tubuh betina dan telurnya.
Ciri-ciri betina akan bertelur
·         nafsu makan menurun selama beberapa hari.
·         mejadi hiperaktif, naik turun daratan air, bisa terjadi pagi dan malam
·         jika dilepas di darat, akan menjelejah mencari tempat untuk bertelur
·         menggaruk2 lokasi yang dirasa cocok untuk media bertelur dengan kaki belakang
·      Atau untuk memastikan, dengan meraba pada ruang di depan pangkal kaki belakang bawah karapas dan akan terasa ada benjolan telur didalamnya.
Tetapi harus hati-hati karena penekanan yang berlebihan dapat menyebabkan telur pecah di dalam

Jika kura sudah bertelur, pindahkan betina dan kita dapat tetap meninggalkan telur di situ dengan kelebihan tidak perlu penanganan lebih dan tidak ada resiko rusak karena digali. Tetapi kekurangannya adalah adanya resiko predator, jika salah 1 telur busuk akan menimbulkan jamur yang dapat menyebar ke telur yang lain dan kesulitan bayi Kura kura untuk menggali keluar.

2 komentar

  1. Kunci Sukses Memelihara Kura-kura Brazil


    http://www.honbookstore.com/2017/02/kunci-sukses-memelihara-kura-kura-brazil.html

    BalasHapus
  2. Hi, Saya ada pelihara kura2 brazil, dan halaman luas ada tanah,bisa dia bertelur secara alami?

    BalasHapus

 

Blogger news

Blogroll

Most Reading