Pages

Kura-kura Pipi Putih

Kura-kura Pipi Putih
Siebenrockiella crassicollis


Deskripsi : Kura-kura ini memiliki banyak nama seperti: Malayan Black Mud Turtle, Black (Mud) Terrapin, dan juga Smiling Terrapin. Nama yang terakhir dilekatkan karena kura-kura ini memiliki bentuk tepi rahang atas yang melengkung menyerupai senyuman.
Kura-kura pipi putih memiliki tubuh relatif kecil, panjang tempurungnya saat dewasa dapat mencapai 20 cm. Kura-kura ini memiliki warna hitam di bagian punggung (karapas), atas kepala, dan perut (plastron). Terdapat bercak putih atau pucat pada pipi dan di atas matanya. Garis-garis atau pola putih kekuningan terdapat di sekitar hubungan antara keping-keping perut, atau kadang kala hitam seluruhnya.
Pakan : Kura-kura pipi putih dikenal terutama sebagai karnivor, biasanya memangsa ikan, udang, dan aneka siput. Namun juga mau memakan buah-buahan dan dedaunan. Bagi Anda yang memelihara kura-kura jenis ini ada baiknya untuk memisahkannya dari kura-kura jenis lain karena biasanya tidak akan mau makan jika ada kura-kura jenis lain didekatnya.

Habitat : Kura-kura pipi-putih menyukai wilayah berair tenang seperti rawa-rawa atau sungai kecil berarus lambat. Kura-kura ini didapati menyebar di Burma, Thailand, Vietnam, Kamboja, Malaysia, Singapura, dan Indonesia (Sumatra, Kalimantan, dan Jawa).

5 komentar

  1. apakah kura kura jenis ini bisa besar. mohon info dong

    BalasHapus
  2. apakah kura kura jenis ini bisa besar? mohon info nya

    BalasHapus
  3. Paling besar cuman sampai 20cm kak

    BalasHapus
  4. Kalau ngasih makan di air atau di darat ya?

    BalasHapus
  5. Kalo kena gigitan kura kura pipi putih ini bahaya tidak? Mohon infonya

    BalasHapus

 

Blogger news

Blogroll

Most Reading