Pages

Kura-Kura Dada Merah

Kura-Kura Dada Merah
Emydura Subglobosa

Klasifikasi : Ordo Testudines, Family Chelidae

Deskripsi : Kura-kura ini memiliki panjang tubuh mencapai 30 cm. Kepalanya berwarna hitam, memiliki garis kuning di belakang matanya, bagian bawah merah dan berleher pendek.Karapas pipih, lebar, berwarna hitam gelap dan terkadang bercorak totol-totol.Plastron berwarna merah terang hingga merah pucat, pada beberapa individu warna tersebut merata dan terkadang adapula yang tersebar menyerupai pola totol, warna plastron memudar saat usia semakin tua.

Perilaku : Kura-kura ini menghabiskan sebagian besar hidupnya di air tawar. Hanya saat siang hari dan saat menjelang musim kawin hingga bertelur saja berada di daratan.Siang hari mereka berjemur untuk menyerap panas guna membantu metabolismenya.Karapasnya yang pipih memudahkannya untuk berenang dan menjadikan kura-kura ini pemburu ikan dan udang yang ulung.

Reproduksi : Usia reproduktif kura-kura ini adalah 10 tahun atau lebih.Saat musim kawin, kura-kura melakukan kopulasi di tepi sungai atau tempat hidupnya. Saat bertelur maka kura-kura betina akan naik ke daratan dan menginkubasi telur-telurnya di tempat yang berpasir. Kura-kura betina menghasilkan 12-18 butir telur, dan akan menetas 5-8 bulan kemudian.

Pakan : Kura-kura ini memakan berbagai jenis hewan air, karena termasuk hewan karnivora. Ikan, udang, siput, cacing air dan berbagai jenis serangga air menjadi makanannya.


Habitat : Di habitat aslinya hewan ini hidup penuh di dalam air seperti sungai, danau, laguna dan kolam. Kura-kura ini merupakan jenis yang dapat ditemukan di Indonesia bagian timur (Papua) dan sebagian Australia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

Most Reading