Pages

Kura-Kura Kepala Chery

Kura-Kura Kepala Chery
Chelonoidis Carbonaria


Klasifikasi : Ordo Testudines, Family Testudinidae

Deskripsi : Kura-kura kepala chery memiliki sisik kaki yang berwarna merah, memiliki panjang karapas hingga 25,5-35,6 cm. Karapas berwarna hitam dengan tonjolan dalam 3 baris dan berwarna kuning pada bagian puncaknya. Kepalanya berwarna kuning kemerahan atau oranye dan sedikit cokelat atau beberapa berwarna sedikit hitam.Kura-kura jantan pada umumnya lebih besar dan lebih berat, meskipun karapasnya tidak begitu berbeda dari betina.Kura-kura jantan dewasa memiliki berat 9-12 kg, sedangkan betina kurang dari 9 kg.Kura-kura jantan juga memiliki plastron yang lebih cekung, sedangkan betina lebih datar.Kura-kura jantan juga memiliki ekor yang lebih panjang dan besar. C. carbonaria umumnya memiliki kemampuan hidup hingga 40-50 tahun. 

Perilaku : Hewan ini aktif pada siang hari, mereka membutuhkan panas yang lebih banyak. Biasanya pada saat matahari terik mereka akan berjemur di bawah sinar secara langsung atau berada diatas batu. Setelah mendapatkan panas yang cukup, mereka akan berteduh di bawah semak-semak atau tempat teduh lainnya.

Reproduksi : Musim kawin berlangsung dari bulan Juli-September, sekali bertelur menghasilkan 5-15 butir. Telur-telur tersebut diinkubasi di dalam tanah atau di timbunan seresah daun.Telur-telur tersebut memiliki cangkang berwarna putih, berbentuk agak bulat dengan panjang mencapai 5-6 cm. Tukik yang baru menetas memiliki karapas bulat dengan diameter mencapai 4 cm.

Pakan : C. carbonaria merupakan jenis hewan omnivore, tetapi lebih banyak memakan tumbuh-tumbuhan. Bagian tumbuhan yang dimakan antara lain bunga, buah-buah berukuran kecil, daun dan tangkai daun yang masih muda. Kura-kura ini juga memakan serangga, arthropoda tanah, siput dan ikan.

Habitat : Kura-kura kepala chery menyukai daerah tropis yang memiliki pencahayaan panjang. Mereka menyukai daerah dengan suhu 32-37oC, tetapi dekat dengan sumber air. Penyebarannya di daerah Amerika Selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

Most Reading