Pages

Kura Leher Ular pulau Rote

Kura Leher Ular pulau Rote

Chelodina mccordi


Klasifikasi : Ordo Testudines, Family Chelidae
Deskripsi : Kura kura leher pulau Rote ini merupakan species yang berbeda dari kura-kura leher ular lainnya. Karapas bisa mencapai panjang antara 18 dan 24 sentimeter. Panjang leher mirip. Warna karapas yang pucat coklat abu-abu.
Perilaku : Habitatnya adalah rawa-rawa, sawah, dan danau kecil.
Reproduksi : Kura kura ini dapat menghasilkan 8-14 telur dalam sekali musim bertelur, dalam 1 tahun terdapat 3 musim bertelur. Ukuran telur adalah 30 × 20mm dan berat bisa mencapai delapan sampai sepuluh gram. Tukik pertama datang setelah tiga bulan, yang terakhir setelah empat bulan. Ketika menetas ukurannya 28 × 20mm dan mereka memiliki bintik-bintik kuning pada plastron yang menjadi lebih gelap dengan waktu sampai plastron menjadi hampir hitam setelah beberapa minggu. Selama masa pertumbuhan warna karapas berubah menjadi lebih pucat sampai akhirnya mereka mencapai warna dewasa.

Habitat : Kura kura berleher ular Pulau Rote adalah salah satu kura-kura yang paling diinginkan oleh perdagangan hewan peliharaan internasional. Bahkan perdagangan Kura kura ini telah dilarang sejak tahun 2001 karena kelangkaannya. Dua atau tiga populasi yang tersisa tinggal di daerah hanya 70km² di dataran tinggi tengah Pulau Rote

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

Most Reading