Pages

Kura-Kura Indiana Star

Kura-Kura Indiana Star
Geochelone Elegans


Klasifikasi : Ordo Testudines, Family Testudinidae

Deskripsi :
Tubuh kura-kura berwarna cokelat muda, dengan sisik pada bagian kaki juga berwarna cokelat tetapi berkuku hitam. Kura-kura ini memiliki karapas berwarna hitam dengan cirri khas yang menonjol yaitu garis-garis berwarna kuning cerah yang simetris satu sama lain membentuk susunan seperti bintang. Pada umumnya plastron kura-kura jantan dewasa berbeda, dengan bentuk lebih cekung.Ukuran tubuh jantan dan betina terlihat jelas, karapas dan tubuh kura-kura betina lebih berat. Berat tubuhnya mencapai 1-6.6 kg, dan panjang karapas mencapai 15-38 cm pada kura-kura betina dan 15-20 cm pada kura-kura jantan.

Perilaku : G. elegans termasuk hewan yang aktif pada siang hari. pada hari yang cukup panas, mereka akan beraktivitas pada pagi dan sore hari saja, sedangkan saat siang hari lebih banyak berteduh.

Reproduksi : Masa kematangan seksual kura-kura betina yaitu 8-12 tahun, sedangkan kura-kura jantan 6-8 tahun. Pada musim hujan kura-kura mulai memasuki masa reproduksinya yaitu sekitar pertengahan Juli-November.Dalam satu wilayah dihuni oleh beberapa pasang kura-kura saat musim kawin tiba. Mereka akan kawin pada saat malam hari. Setelah kopulasi, kura-kura betina akan mencari tempat yang cocok untuk meletakkan telur-telurnya dengan membasahi tanah tersebut menggunakan air kencingnya. Kura-kura memasukkan 1-10 butir telur ke dalam lubang, menutup lubang tersebut dan meratakannya menggunakan plastron.Masa inkubasi telurnya 47-180 hari.Tukik yang menetas memiliki berat 25-45 g, dan panjang karapas 35 mm.

Pakan : Pada saat musim semi dan musim hujan, kura-kura ini memakan sayur-sayuran, buah-buahan, bunga dan berbagai macam rumput. Sedangkan saat musim panas dan musim gugur, mereka akan memakan serangga, arthropoda tanah, cacing dan berbagai macam jenis hewan lain, terkadang mereka juga memakan bangkai. Karena pada periode tersebut banyak tumbuhan yang mati dan kering.

Habitat : Kura-kura Indiana starhidup di berbagai habitat, termasuk hutan gugur lembab, hutan dataran rendah, hutansemak, padang rumput kering, dan hutan savanna. Terkadang mereka juga hidup di daerah pertanian dekat dengan sumber air.Mereka mampu hidup di dataran dengan ketinggian mencapai 450 mdpl. Penyebarannya di India dan Srilanka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

Most Reading